Pages

ShareThis

Kamis, 29 Desember 2011

Dokter Indonesia dibunuh di Somalia

detiknews
Mogadishu - Seorang pekerja medis asal Indonesia tewas tertembak oleh seorang pria bersenjata di Mogadishu, Somalia. Seorang pekerja medis dari Barat juga mengalami nasib serupa.

Kantor berita AFP melaporkan, seorang pria bersenjata menembakkan senjata di kompleks Medicins Sans Frontieres (MSF) atau lembaga kemanusiaan Doctors Without Borders di Mogadishu pada hari Kamis (29/12/2011).

Penembak itu telah ditangkap petugas keamanan. Dia diidentifikasi sebagai pria Somalia yang bekerja dengan MSF. Penembakan ini merupakan serangan terbaru pada petugas bantuan kemanusiaan di negara Tanduk Afrika itu, salah satu tempat paling berbahaya di dunia untuk pekerja kemanusiaan sekaligus kawasan yang paling membutuhkan keberadaan pekerja kemanusiaan tersebut.

MSF menyatakan bahwa insiden itu terjadi di dalam kompleks MSF namun dia tidak bisa memberikan penjelasan lebih lanjut. "Kami mengkonfirmasi bahwa insiden penembakan yang serius telah terjadi di kompleks MSF di Mogadishu. Pada titik ini kita tidak memiliki informasi lebih lanjut tentang skala dan tingkat kejadian ini," demikian pernyataan organisasi itu.

"MSF melakukan segala sesuatu untuk menjamin keamanan stafnya," imbuhnya.

Kedua korban penembakan dilarikan ke RS Medina. Seorang staf RS menuturkan, seorang pekerja medis dari Barat meninggal setiba di RS. Sedang korban lainnya yang diidentifikasi sebagai seorang WNI, mengalami luka tembak di paha, peluru menembus arteri dan menyebabkan perdarahan berat.

"Korban kedua tewas di rumah sakit saat dokter berusaha menyelamatkannya," kata Dumiya Ali, wakil direktur rumah sakit Medina. Dia menambahkan, korban telah kehilangan banyak darah ketika tiba di rumah sakit.

MSF mengatakan pihaknya akan mengeluarkan pernyataan lain hari Jumat ini. Sementara itu, The New York Times melansir, pekerja medis dari Indonesia yang tertembak adalah seorang dokter. Sedangkan yang dari Barat merupakan warga negara Prancis.

Sayaw 30 Dec, 2011

Mr. X 30 Dec, 2011
-
Source: http://ideguenews.blogspot.com/2011/12/dokter-indonesia-dibunuh-di-somalia.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.