Pages

ShareThis

Senin, 12 Desember 2011

Imarti, Kerupuk Camilan Raja India

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Camilan ini tampilannya mirip kerupuk kanji. Bentuknya bundar dengan pola melingkar. Makanan favorit kerajaan Rajasthan, India ini dibuat dari biji kacang hitam yang dicampur dengan tepung beras. Rasanya gurih-gurih renyah dan wangi!

http://thumbs.ifood.tv/files/2111917983_bae200618c1_0.jpg

Konon, imarti dibuat atas ide Rajput (raja) pada Mughal (kaisar) saat ada kegiatan pertukaran budaya sekitar 400 tahun yang lalu. Kini, imarti jadi makanan populer seantero India, dan dikenal juga dengan nama jangri.

Imarti yang tersohor berasal dari Jaunpur dan Uttar Pradesh Di bagian utara India, imarti sering dikonsumsi bersama susu kental manis. Di Pakistan pun imarti sering dijadikan hidangan acara pesta dan acara-acara besar.
http://27.media.tumblr.com/tumblr_lk7wybql0g1qgbsmeo1_500.jpg

Disebut juga dengan jaangiri, imarti ini dibuat dari bahan dasar urad dal, atau bijian kacang hitam kupas yang direndam selama 2 jam kemudian digiling. Lalu dicampur juga dengan tepung beras, sedikit garam dan pewarna makanan. Semua adonan yang telah dicampur dimasukkan ke dalam plastik, lalu ujungnya digunting kecil.

Mirip dengan saat membuat hiasan krim pada kue tart. Nah, satu lagi yang penting yaitu sirop gulanya, yang harus dibuat terlebih dahulu. Dibuat dari gula yang dimasak dengan sedikit air, air jeruk lemon, dan esens mawar. Sirop ditaruh dalam wadah tertutup rapat.
http://4.bp.blogspot.com/-eyJwbRS72is/TlfWc_YF8-I/AAAAAAAAA0I/tHU5jp6K650/s1600/jhangri.JPG

Adonan imarti dicetak di wajan antilengket secara manual. Mulanya adonan dibuat melingkar, lalu dilanjutkan hingga membentuk bulatan mirip kerupuk warung, dan digoreng hingga berwarna cokelat keemasan. Perlu latihan beberapa kali untuk bisa menghasilkan bentuk imarti yang bagus.

Setelah imarti sudah jadi, dicelupkan pada syrup gula yang masih panas. Nantinya syrup gula ini akan menempel di imarti dan memberi rasa manis enak dengan aroma wangi yang bikin ngiler!
http://images.detik.com/content/2011/12/12/297/AYCEimartiCVR.jpg





sumber :http://www.detikfood.com/read/2011/12/12/173049/1789320/297/imarti-kerupuk-camilan-raja-india?dthlutama 

up2det 13 Dec, 2011


--
Source: http://www.jelajah.up2det.com/2011/12/imarti-kerupuk-camilan-raja-india.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.