Pages

ShareThis

Jumat, 30 Desember 2011

Mabes Polri : Sementara Kapolda NTB Tak Salah

[imagetag]

Quote:

Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Mabes Polri, Komisaris Jenderal Fajar Prihantoro menyatakan untuk sementara ini Kapolda Nusa Tenggara Barat tidak bersalah terkait kekerasan dalam pembubaran massa di pelabuhan Sape, Bima, Nusa Tenggara Barat, Sabtu 24 Desember lalu. Kapolda sementara tidak ada kekeliruan, sementara saya bilang," katanya. Kemudian Fajar juga mengatakan tidak ada pelanggaran prosedur yang dilakukan aparat dalam pembubaran paksa di pelabuhan Sape. Tapi, lanjutnya dalam pelaksanaan pembubaran perlu dievaluasi. "Misalnya pleton bertindak seharusnya melepas tembakan berdasar perintah, tidak tembak sendiri-sendiri," katanya.

Fajar juga mengatakan, jika terbukti ada kesalahan prosedur bisa saja Kapolda dan Kapolres dicopot dari jabatanya. "Tapi belum sampai situ, itu ada sidang profesi nanti," katanya. Dalam penindakan hukum yang dilakukan polisi di pelabuhan Sape, Kapolres Bima lah yang bertanggungjawab. Dia menuturkan saat kejadian pembubaran massa di pelabuhan Sape, Bima, Nusa Tenggara Barat, Sabtu 24 Desember lalu, Kapolda hanya memerintahkan Kapolres untuk menindak massa yang menduduki pelabuhan. "Karena massa mengganggu hajat hidup orang banyak," ujarnya. Kemudian Kapolres Bima mengumpulkan anggota dan bersiap di pelabuhan, dan pada awal upaya pembubaran massa Kapolres memerintahkan anggotanya untuk menembakan gas air mata. Selanjutnya Kapolres juga memerintahkan anggotanya menangkap para provokator dari dalam kerumunan massa.

Aksi kekerasan di Bima meletus Sabtu 24 Desember 2011, menuntut dibekukanya izin operasional pertambangan milik PT Sumber Mineral Nusantara. Warga sebenarnya telah melakukan aksi protes sejak 19 Desember 2011.
Warga sempat menduduki Pelabuhan Sape sehingga seluruh aktivitas di pelabuhan tersebut lumpuh. Dalam aksi kekerasan tersebut Polisi mencatat dua orang warga tewas tertembak, dan puluhan lainya luka-luka. Massa juga sempat melakukan pembakaran Polres Lambu serta kompleks perumahan di sekitar Polres.
SUMBER

ini kan dari polis, mungkin agan2 ada yang punya sumber lain, monggo lho...

terkait
Alasan Kapolda NTB Soal Perintah Tembak di Bima
Saat Rusuh, Kapolda NTB Ada di Lokasi

sivaruck 31 Dec, 2011

Admin 31 Dec, 2011
-
Source: http://situs-berita-terbaru.blogspot.com/2011/12/mabes-polri-sementara-kapolda-ntb-tak.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.