Pages

ShareThis

Senin, 12 Desember 2011

Mengapa Tubuh Butuh Serat?

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Serat, penting untuk tubuh kita, terutama untuk mendukung pola hidup sehat. Lantas apa yang terlintas dalam pikiran Anda apabila mendengar kata serat?
Pasti Anda berfikir tidak jauh dari sayuran dan buah-buahan bukan? Sudah banyak literatur yang menyebutkan bahwa serat memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh.


http://www.beriklan.com/gambar/844buah-sehat.jpg

Nah ada baiknya mulai mengenal serat dan fungsinya bagi tubuh kita.
Serat adalah nama umum untuk karbohidrat tertentu--biasanya terdapat pada sayuran, tanaman, dan biji-bijian. Secara umum serat dibagi ke dalam dua bagian besar yakni serat yang dapat larut pada air dan serat tidak larut dalam air. Gabungan antara keduanya, biasa disebut total serat.
Lalu mengapa orang mengonsumsi serat?

Sejumlah studi telah menemukan bahwa asupan tinggi serat total, dari makanan dan suplemen, menurunkan risiko penyakit jantung. Diet tinggi serat juga telah dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2.

http://www.surya.co.id/images/2011/02/sayuran.jpg

Serat tidak larut dapat membantu mengobati sembelit, penyakit divertikular dan mengatasi gangguan pencernaan atau IBS (irritable bowel syndrome). Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa serat larut dapat mengurangi risiko kanker usus besar.
Selain itu, serat larut juga memiliki kontribusi dalam menurunkan kadar kolesterol. Serat larut bekerja dengan cara mengikat kolesterol dalam usus. Bahkan, beberapa riset menunjukkan manfaat serat larut dalam mengobati diabetes dan resistensi insulin (pradiabetes). Serat larut juga berfungsi dalam memperlambat penyerapan karbohidrat dan membantu meningkatkan kadar gula darah.
Karena serat mengisi dan memiliki kalori sangat sedikit, mengonsumsi makanan tinggi serat juga dapat membantu menurunkan berat badan.

http://4.bp.blogspot.com/-6H8eMvVZ72w/TqmLdgRKjfI/AAAAAAAAA8I/oTBmeP4rX_g/s320/buah%2Bsumber%2Bserat.jpg





sumber :http://www.tribunnews.com/2011/12/12/mengapa-tubuh-butuh-serat

up2det 13 Dec, 2011


--
Source: http://www.jelajah.up2det.com/2011/12/mengapa-tubuh-butuh-serat.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.