Pages

ShareThis

Kamis, 08 Desember 2011

Tips Perawatan Berkala Pada Kamera DSLR

Hampir perangkat elektronik yang beredar berbasis teknologi tinggi dengan perangkat gadget berbagai kemampuan dan fitur lainnya, termasuk kamera saat ini pecinta fotografi baik pemula maupun profesional makin berkembang apalagi dengan para pemula yang baru membeli kamera digital SLR. Perawatan kamera DSLR ini sangatlah penting bagi pemula untuk menambah awet kamera akan maupun setelah digunakan.


Awalnya pemilik kamera DSLR biasanya begitu perhatian dengan gadget ini, tapi karena kesibukan bisa saja kita mengabaikannya. Oleh sebab itu, DSLR nayatanya butuh perawatan yang baik dari si empunya. Berikut beberapa hala yang harus diperhatikan dalam kamera DSLR :
1. Perhatian terhadap bodi kamera Kamera DSLR yang utama adalah bodi kamera karena merupakan bagian terluar yang menonjol dan sering digunakan, untuk itu bersihkan bagian luar bodi dengan kain lembut serta gunakan blower untuk menyingkirkan debu yang nempel pada bagian disetiap bodi. Setelah itu menggunakan blower brush untuk kotoran yang agak sulit dibersihkan, perhatikan juga bagian dengan me-lock up mirror ke atas jika ingin memblower bagian sensor tap ingat bagian sensor adalah bagian yang sangat sensitif jangan sembarang jika anda tidak paham betul.


2. Perawatan lensa mempunyai lensa dengan berbagai ukuran jangan sekali-kali menyentuh bagian optik lensa dengan menggunakan jari hal itu akan menimbulkan bekas, untuk itu gunakan selalu filter pelindung serta pakai lens hood. Jika tidak digunakan selalu perhatikan bagian lensa tutup lensa sehingga setidaknya dapat mengurangi debu menempel hingga terjadi jamur, bersihkan lensa dengan menggunakan blower untuk menyingkirkan debu setelah itu gunakan lens brush lalu lens cloth jika terdapat noda pada lensa.
3. Baterai Untuk perawatan dari bagian baterai tidak terlalu menyulitkan hanya saja jangan mencharger batarai secara berleihan, cabut segera jika sudah penuh serta jika kamera tidak digunakan cabut baterai untuk tidak menimbulkan kelembaban dan gunakan baterai original.
4. Memori Card Jika tidak digunakan sebaiknya memori card dilepas dan tempatkan pada tempatnya, untuk mengindari kerusakan akibat debu yang menempel serta terhindar dari benda bermedan magnet, hal ini dilakukan untuk lebih awet dalam menggunakan kartu memori.
5. Penyimpanan kamera Kamera seperti DSLR itu harus disimpan dalam udara sejuk untuk terhindari dari kelembaban, atau jika mempunyai dana lebih perlu memiliki drybox yaitu wadah yang mampu mengatur kelembaban dalam menyimpan kamera DSLR. Atupun cara yang mudah dengan menyimpan dalam kantung plastik berklip serta berikan silica gel didalamnya taruh ditempat kering serta sejuk dan jauhkan dari benda bermagnet.
Semoga tips untuk merawat perangkat gadget anda seperti kamera DSLR yang anda miliki dapat awet, sehingga dapat digunakan kembali. Lakukan perawatan pada kamera DSLR anda secara berkala, kalau memang mengalami kerusakan yang cukup parah sebaiknya serahkan kepada ahlinya untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.


sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?p=385648482#post385648482

up2det 09 Dec, 2011


--
Source: http://www.jelajah.up2det.com/2011/12/tips-perawatan-berkala-pada-kamera-dslr.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.