Pages

ShareThis

Kamis, 12 Januari 2012

Cara Menghilangkan Jerawat

Cara menghilangkan jerawat ada beberapa cara, yang mana cara-cara itu tentunya bersifat khusus dan bisa berbeda-beda untuk tiap orang tergantung dari jenis kulit. Tapi banyak pula cara menghilangkan jerawat dengan cepat yang bisa berlaku untuk semua jenis kulit.

Sebelum membahas tentang cara menghilangkan jerawat, ada baiknya anda mengetahui apa sebenarnya penyebab jerawat. Penyebab jerawat seringkali diakibatkan karena kotoran yang tidak terangkat di wajah anda yang menyumbat pori-pori sehingga membentuk jerawat. Dari penyebab jerawat ini tentunya kita bisa menyimpulkan bahwa faktor mendasar dari cara menyembuhkan jewarat secara alami adalah dengan menjaga kebersihan wajah dengan baik.

Penyebab jerawat pada dasarnya bukan semata-mata pada kebersihan saja, melainkan faktor hormonal juga berpengaruh. Utamanya bagi anda yang masih dalam usia muda dimana tingkat hormon masih sedang tinggi-tingginya, kemungkinan untuk timbulnya jerawat juga semakin besar.

Penyebab jerawat lainnya:
- Faktor Genetik
- Tingginya pengeluaran minyak di kulit wajah
- Faktor stress
- Sensitifitas kulit yang tinggi terhadap kotoran

Cara Mencegah Jerawat
Cara mencegah jerawat bisa anda mulai dengan menjaga kebersihan kulit wajah anda dengan mencuci wajah anda lebih sering. Membersihkan wajah tidak selalu harus dengan menggunakan sabun pembersih wajah, mencuci wajah dengan air sudah cukup sebenarnya. Pastikan bahwa tangan anda tidak kotor ketika sedang mencuci wajah anda, pastikan air yang anda gunakan juga bersih dan pastikan handuk/lap wajah anda juga bersih.

Penggunaan alkohol dalam membersihkan wajah sebaiknya dihindari. Zat alkohol memang mampu mengangkat kotoran dan membunuh kuman/bakteri dengan lebih baik, tapi dapat mengganggu kesehatan kulit wajah dalam jangka panjang. Bila anda ingin membersihkan wajah anda dengan menggunakan sabun pembersih, pilihlah yang benar-benar bebas dari alkohol. Kalau memungkinkan, belilah sabun yang memang khusus untuk wajah dan bukan sabun mandi biasa yang bisa digunakan untuk seluruh permukaan tubuh.

Cara Menghilangkan Jerawat

1. Pakailah sabun khusus wajah
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penggunaan sabun khusus wajah mutlak diperlukan bila anda ingin menghilangkan jerawat anda. Perbedaan antara sabun khusus wajah dengan sabun biasa adalah pada keasamannya (pH). Untuk wajah, diperlukan sabun dengan pH khusus untuk menjaga kesehatannya.
Yang perlu diingat dalam memilih sabun khusus wajah adalah hindari produk sabun wajah yang mengandung alkohol. Anda bisa melihat dari informasi kandungan zat sabun tersebut di kemasannya. Bila sabun wajah tersebut tidak mencantumkan informasi zat-zat di kemasannya, maka anda sebaiknya tidak menggunakan sabun tersebut daripada mengambil resiko.
Selain alkohol, zat lain yang harus anda hindari adalah merkuri. Zat ini jarang ditemukan dalam produk pembersih namun cukup banyak ditemuka dalam sabun pemutih. Karena sekarang ini sudah semakin banyak sabun wajah yang sekaligus juga menawarkan fungsi sebagai pemutih, maka anda harus ekstra waspada. Zat merkuri ini sangat berbahaya bagi kulit karena dalam waktu pemakaian yang lama bisa menyebabkan kanker kulit di kemudian hari.

2. Gunakan pelembab di malam hari
Cara menghilangkan jerawat yang lainnya adalah dengan menggunakan pelembab di malam hari sebelum tidur. Pelembab berfungsi untuk menjaga kulit tetap berada di kelembaban normalnya. Penggunaan pelembab di malam hari juga sangat membantu bagi anda yang kurang minum air putih.
Yang perlu diperhatikan dalam menggunakan pelembab adalah kandungan zatnya. Sama seperti sabun khusus wajah, anda harus menghindari pelembab yang mengandung alkohol atau merkuri.
Gunakan pelembab setelah mencuci wajah dengan bersih. Bila anda menggunakan pelembab tanpa mencuci wajah anda terlebih dahulu, maka dikhawatirkan justru akan memperparah jerawat anda akibat terperangkapnya kotoran di antara kulit dan cairan pelembab. Pastikan kulit wajah anda dalam keadaan bersih sebelum menggunakan pelembab.

3. Banyak minum air putih
Menghilangkan jerawat juga harus dilakukan dari dalam tubuh yaitu dengan minum banyak air putih. Air putih sudah lama dikenal sebagai obat jerawat alami yang mamu menghilangkan jerawat dengan cepat.
Minumlah air putih ninimal 8 gelas sehari untuk membantu metabolisme tubuh anda berjalan dengan lebih baik. Dengan banyak minum air putih maka kelenjar keringat akan bekerja lebih aktif untuk mengeluarkan racun dan kotoran yang melekat di pori-pori kulit anda.

4. Makanlah makanan yang mengandung banyak serat
Makanan yang mengandung banyak serat terdapat pada sayur-sayuran dan buah-buahan. Makanan yang mengandung banyak serat akan membantu sistem metabolisme anda, menjada kesimbangan nutrisi dalam tubuh yang pada akhirnya akan membantu mengendalikan ketidakseimbangan hormonal.
Kadar vitamin yang tinggi dalam makanan berserat juga sudah dikenal sebagai jenis makanan yang mampu membantu menghaluskan kulit.

5. Jangan merokok
Kebiasaan merokok selain merusak kesehatan paru-paru juga terbukti sangat berperan dalam memperparah masalah jerawat. Kandungan racun yang berasal dari asap rokok akan menempel pada kulit dan pada akhirnya mengakibatkan jerawat. Bagi anda yang merokok, sebaiknya anda berhenti secepatnya atau kalau belum bisa berhenti maka pastikan anda sanggup untuk menbersihkan wajah anda lebih sering dibanding orang lain yang tidak merokok.

6. Hindari minuman berkarbonasi atau yang mengandung soda
Minuman berkarbonasi atau yang mengandung soda juga tidak baik untuk anda yang berjerawat. Anda tetap bisa mengkonsumsi minuman berkarbonat/bersoda tapi jangan terlalu sering atau terlalu banyak. Minuman jenis ini mengandung jumlah kalori yang tinggi yang bisa mengakibatkan meningkatnya produksi minyak di wajah anda. Salah satu cara untuk menghilangkan jerawat adalah dengan menekan jumlah minyak di kulit wajah. Dengan mnghindari minuman berkarbonat/bersoda maka kuantitas kerja kelenjar minyak bisa lebih ditekan.

7. Gunakan sun blocker ketika keluar rumah
Untuk anda yang sering berpergian ke luar rumah atau yang aktifitasnya banyak yang sifatnya outdoor, maka penggunaan sunblock sangat dianjurkan. Sun block tidak hanya melindungi dari paparan sinar ultraviolet matahari namun juga mengandung pelembab yang bisa menjaga pH kulit anda ketika sedang beraktifitas.
Tetap perlu diingat untuk tidak menggunakan pelembab yang mengandung alkohol atau merkuri. Bacalah keterangan kandungan zat yang ada di kemasan pelembab tersebut baik-baik.

8. Bersihkan wajah setiap habis make up
Bagi para wanita yang ingin menghilangkan jerawat maka tips yang satu ini adalah wajib hukumnya. Membersihkan wajah setiap habis make up bukan cuma membantu menghilangkan jerawat tapi juga mencegah timbulnya jerawat datang lagi. Sisa-sisa kotoran dari bahan make up yang tertinggal di wajah akan dengan cepat menyebabkan jerawat.
Banyak sekali pembersih di luar sana yang menggunakan bahan utama alkohol. Penggunaan zat alkohol ini tidak dianjurkan karena akan merusak kesehatan jangka panjang kulit wajah anda. Gunakan air sebagai pencuci wajah utama anda. Bila perlu, maka gunakan sabun pembersih wajah non alkohol.
Setelah mencuci wajah anda dengan air dan sabun pembersih wajah, usap wajah anda dengan handuk kecil yang sudah direndam ke dalam air hangat. Ini bertujuan untuk mengangkat kotoran yang belum hilang setelah dibersihkan dengan air dan juga sekaligus menghangatkan wajah anda agar pori-pori anda terbuka.
Jangan lupa, handuk direndam ke dalam air hangat dan bukan air mendidih. Bila air yang anda gunakan untuk merendam handuk terlalu panas, maka justru akan mematikan sel-sel kulit wajah anda sendiri.

9. Lakukan facial minimal sekali sebulan
Untuk perawatan rutin, lakukanlah facial di klinik kesehatan kulit minimal sebulan sekali. Fungsi dari facial ini adalah untuk mengangkat kotoran di wajah anda yang belum terangkat selama ini.
Berhati-hatilah dalam memilih tempat untuk facial. Saat ini banyak sekali salon-salon yang menggunakan bahan-bahan facial buatan sendiri yang tidak jelas kandungan zatnya. Sebaiknya anda memilih tempat facial yang berupa klinik kecantikan kulit dengan pengawasan dokter spesialis kulit.

10. Berkonsultasi ke dokter
Bila setelah beberapa lama melakukan tips-tips cara menghilangkan jerawat di atas namun belum menunjukkan hasil yang diinginkan, pertimbangkanlah untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit. Ini adalah langkah terakhir yang bisa anda coba karena mengingat mahalnya biaya yang mesti dikeluarkan untuk pengobatan jerawat di praktik dokter.

Pastikan bahwa anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan bukan dokter umum. Dokter spesialis kulit telah dilatih bertahun-tahun dengan pengalaman yang banyak dalam menangani pasien dengan masalah jerawat, sementara dokter umum lebih tidak spesifik mempelajari jerawat secara lebih mendalam.

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan kepada anda. Bila ada yang ingin ditanyakan, silahkan ditulis pertanyaannya melalui kolom komentar di bawah ini. Saran dan kritik anda juga kami butuhkan untuk membangun situs ini ke depannya. Selamat mencoba cara menghilangkan jerawat.


sumber : viva.com

up2det 13 Jan, 2012


-
Source: http://www.terselubung.up2det.com/2012/01/cara-menghilangkan-jerawat.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.