Pages

ShareThis

Jumat, 13 Januari 2012

Factor 001, Sepeda Super Yang Dilengkapi Teknologi Ala F1


www.AstroDigi.com

Factor 001, sepeda berharga 25 ribu poundsterling atau lebih dari Rp 387 juta dengan kurs 1 Pounds = Rp 15.500 itu dibuat oleh pemasok sirkuit elektronik konstruksi mobil balap F1, BERU f1system, untuk memperlihatkan seni keajaiban teknologi tingkat tinggi.

Dengan harga selangit, versi sepeda penuh gaya itu telah meliputi elektronik canggih berlimpah yang mampu memonitor sepeda dan pengayuh, dan bisa jadi akan menyelamatkan nyawa bila ditempatkan di departemen korban kecelakaan NHS. Sepeda itu memiliki kayuhan panjang dan sejumlah standar untuk menjadi pahlawan balap sepeda di Olimpiade.


www.AstroDigi.com

Beberapa satu contoh alih teknologi dari kelebihan mekanis luar biasa Formula satu yang diadopsi ke sepeda bertenaga manusia bernama Factor 001, adalah berat sepeda hanya sekitar 7 kg hingga mampu mencapai kecepatan lebih 72 kilometer jam, dan mencapai lebih 112 kilometer per jam di jalan menurun ketika dikayuh tenaga otot atlet Olympiade.


www.AstroDigi.com

Dan seperti Ferrari atau Porsche 911, progres percepatan dapat dikontrol secara meyakinkan dengan rem keramik karbon yang dioperasikan secara hidrolis.


www.AstroDigi.com

Ketika proses tersebut terjadi, sistem elektronik di laboratori dan standar medis secara konstan mengecek dan mengintegrasikan informasi, termasuk detak jantung permenit sang pengayuh, tenaga setiap kaki yang berada di pedal, dan skala tekanan barometrik di setiap tempat di mana sepeda dikendarai.


www.AstroDigi.com

BERU f1systems memberi suplai sistem elektronik tingkat lanjut untuk konstruksi mobil-pemenang balap dunia, terutama formula, dan kepada hampir seluruh tim-tim Formula 1. Sistem tersebut melakukan pekerjaan krusial, termasuk pilinan kabel terpasang secara aman di struktur komposit karbon, dipatenkan sebagai Wire in Composite (Kabel di Komposit)--material cukup cemerlang, sehingga perusahaan mengatakan penemuan itu merupakan solusi dari balap mobil F1, Faktor 001 yang eksotik, hingga mobil keluarga.


www.AstroDigi.com

Namun semuah materi cerdas tersebut tak terlihat dan tidak diapresiasi. Hal itu , membuat direktur manajer perusahaan John Bailey, memutuskan dua tahun lalu, untuk menunjukkan kepada dunia dan berencana membuat demonstrasi teknologi sepeda latihan-balap terbuat komposit karbon, yang sangat identik dengan keahlian perusahaan dalam balap motor.


www.AstroDigi.com

Meski dalam rencana asli sepeda akan diproduksi sekali dan tidak didesain sesuai peraturan standar Internasional Cycling Union (UCI), perusahaan akan memproduksi massal sekitar 300 unit,--dengan setiap unit memiliki ukuran pasti, dan Juara Dunia F1 Lewis Hamilton akan menjadi orang pertama dalam antrian, karena ia pernah memenangkan Trofi Graham Hill 2007 yang disponsori BERU f1system


www.AstroDigi.com

Sepeda itu sendiri telah dites oleh sejumlah jurnalis Inggris, dari Neasden ke Nepal. Menurut ulasan, seperti yang dilansir oleh Telegraph. co.uk, Factor 001, memiliki roda super-tipis dengan ban pompa tanpa peleg, bertekanan 12 bar, atau 11,8 atm, memunculkan tampilan solid.


www.AstroDigi.com

Terdapat pedal dan rantai, roda gerigi, tanpa suspensi atau apapun itu, tempat duduk sempit yang mungkin seharga lebih 4,5 juta untuk membuat pantat anda berubah, dan layar sentuh delapan menu dengan delapan halaman.


www.AstroDigi.com

Uniknya, dengan bentuk seharga lebih 387 juta itu, menurut penuturan seorang jurnalis yang sempat mencicipi mengayuh Factor 001, pantat serasa terbakar bila bertahun-tahun seseorang tidak pernah mengayuh sepeda. Tapi kecepatan, keringanan dan sistem kewaspadaan, ulasan si wartawan memberi hormat yang layaknya diberikan kepada konstruksi ampuh mobil F1.


www.AstroDigi.com

Bobotnya yang luar biasa ringan, dengan mesin menyatu pada rangka sepeda yang membuat bodi kaku, kerangka kembar, dan roda berjeruji delapan membuat sepeda bergerak lincah seperti kucing. Hanya dalam 30 detik, si pengendara dapat bergerak dari 16 kilometer perjam hingga menuju 32 kilometer per jam


www.AstroDigi.com

Saat berbelok, sepeda melakukan dengan sempurna, rem keramik berfungsi pelan bila sang pengayuh tidak ingin terlalu cepat mengerem, pergantian roda gerigi juga sangat cermat, bahkan oleh seorang atlet Olimpiade yang juga mencoba, Stuart Birch, mengapresiasi kemampuan itu sebagai hal sangat istimewa.


www.AstroDigi.com

Ketika semua pengetesan usai, terlihat layar kosong yang memperlihatkan semuanya, Awalnya ada garik bergerak mendatar. Bila itu terlihat, bukan berarti sang pengayuh mati.

"Tidak, itu artinya sepeda telah berhenti, bukan detak jantung anda," ujar teknisi aplikasi elektronik, James Shingleton.

Saat itu salah satu pengetes mengetahui, detak jantung 93 detak per menit--menunjukkan jika ia tegang saat mengayuh--naik menjadi 161 detak per menit.

Rata-rata detak jantung istirahat, adalah 60-80 detak per menit, dan atlet papan atas atau pembalap akan lebih rendah lagi, yakni 30 hingga 40 detak per menit, namun akan meningkat sekitar 200 dalam dua jam di lintas balap F1. Sehingga bisa dibayangkan ketegangan yang dialami pengendara Factor 001.

Semua sudah, lalu bagaimana dengan daya tenaga yang dikeluarkan. Apakah ada sesuatu istimewa yang telah diraih?

Dari hasil pengetesan, kayuhan sang wartawan menghasilkan tenaga sekitar 687 watt. Fantastik, cukup menerangi sebuah kota kecil. Namun seorang pembalap sepeda Olympiade dapat menghasilkan total kayuhan dengan sepeda tersebut dengan daya setara 3000, watt? Tertarik membeli? Ingat hanya 300 unit, tapi jangan lupa siap-siap untuk menguras tabungan.

Read more: http://zonaunikdanmenarik.blogspot.com/2012/01/factor-001-sepeda-super-yang-dilengkapi.html#ixzz1jAmoFMtz

up2det 14 Jan, 2012


-
Source: http://www.apakabardunia.up2det.com/2012/01/factor-001-sepeda-super-yang-dilengkapi.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.