Pages

ShareThis

Kamis, 05 Januari 2012

Inilah Ikan Tuna Raksasa Seharga Rp. 6,7 Miliar

Inilah Ikan Tuna Raksasa Seharga Rp. 6,7 Miliar


 [imagetag]
Seekor tuna bersirip biru raksasa terjual dengan harga supermahal dalam lelang pertama tahun 2012 di Pasar Ikan Tsukiji, Tokyo, Jepang.

Bayangkan, hanya seekor ikan, harganya mencapai  miliaran rupiah, tepatnya  US$736.000 atau setara Rp6,7 miliar. Harga tuna seberat 269 kilogram ini memecahkan rekor tahun lalu yang nilainya 32,49 juta yen.
[imagetag]
Pejabat salah satu pasar ikan terbesar di Jepang itu, Yutaka Hasegawa, mengatakan, harga jual ikan yang per kilonya mencapai 210.000 yen atau setara Rp24,8 juta, juga mencatat rekor.  Tuna tahun ini ditangkap di Oma, di Prefektur Aomori, di sebelah utara perairan yang dihantam tsunami, Mei 2011 lalu.

Meski kualitas ikan tuna tak perlu diragukan, harga setinggi itu lebih dikarenakan oleh suasana perayaan lelang pertama tahun ini.
[imagetag]
Pemenang lelang, Kiyoshi Kimura, presiden Kiyomura Co, yang mengoperasikan jaringan restoran Sushi-Zanmai mengatakan, ia rela mengeluarkan uang banyak, untuk memberikan dorongan pada Jepang pasca musibah tsunami tahun lalu. "Negeri ini telah melalui banyak kesulitan," kata Kimura. "Jepang butuh kekuatan untuk bertahan. Jadi, aku memutuskan untuk menjadi pembeli yang termahal."

Ia juga ingin mempertahankan ikan pertama tahun ini di Jepang, bukan membawanya ke luar negeri. Sebab, pemenang lelang tahun lalu adalah seorang pengusaha Hong Kong, Ricky Cheng, yang mengoperasikan restoran sushi berbasis di Hong Kong, Itamae Sushi, juga restoran Jepang kelas atas di Distrik Ginza.
[imagetag]
Tuna sirip biru terkenal dengan daging merahnya yang lembut. Seiris tipis daging yang berlemak, disebut juga o-toro, bisa dijual seharga US$24 atau Rp218.000. (Daily Mail)



Sumber. www.vivanews.com
[imagetag]

noreply@blogger.com (bodrex caem) 06 Jan, 2012

Blogger 06 Jan, 2012


-
Source: http://bukanklikunic.blogspot.com/2012/01/inilah-ikan-tuna-raksasa-seharga-rp-67.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.