Pages

ShareThis

Jumat, 06 Januari 2012

Pertimbangan Saat Memilih Gym

Pusat-pusat kebugaran saat ini selalu ramai dengan para member yang ingin memiliki tubuh bugar dan sehat. Kelas-kelas latihan selalu dipenuhi anggota yang ingin berolahraga sendiri maupun ramai-ramai dengan teman. Suasananya memang menyenangkan. Namun, sebelum memutuskan untuk menjadi anggota, sebaiknya Anda lebih cermat dalam memilih salah satu pusat kebugaran tersebut. Menurut Jacqueline Carly, pelatih fitnes dan kebugaran, setidaknya ada enam kriteria yang harus dipenuhi saat memilih tempat fitnes, agar hasil latihan Anda berjalan sesuai harapan.

1. Jam latihan
Sebelum memilih tempat fitnes yang sesuai dengan keinginan Anda, sesuaikan jadwal latihan dengan keleluasaan waktu Anda. Jika Anda cenderung kurang memiliki waktu untuk latihan sepulang dari kantor, pertimbangkan untuk berlatih sebelum jam kantor. Pusat-pusat kebugaran umumnya buka mulai pukul 06.00, dan dipenuhi dengan orang-orang kantoran yang ingin berolahraga sebelum bekerja.

2. Loker
Saat berolahraga, Anda tentu tak ingin direpotkan dengan barang-barang bawaan Anda. Pastikan pusat kebugaran memiliki loker yang memadai. Lihatlah terlebih dulu loker yang tersedia di sana, apakah kondisinya bersih dan kuncinya masih bisa digunakan dengan baik. Meskipun gym umumnya juga menyediakan handuk, sabun mandi dan sampo, tak ada salahnya Anda membawa sendiri handuk dan peralatan mandi.

3. Pilihan latihan
Pusat kebugaran biasanya tidak hanya menawarkan alat, tetapi juga kelas-kelas latihan berkelompok, seperti aerobik, yoga, Pilates, atau kelas-kelas seperti BodyCombat, yang menggabungkan gerakan-gerakan karate, kickboxing, Muay Tai, atau kelas BodyJam yang menggabungkan gerakan aerobik dengan dance diiringi musik hip hop, funk, atau Latin. Semuanya menyenangkan, tetapi pilih dengan cermat yang Anda inginkan. "Sebaiknya lakukan dulu percobaan beberapa hari di tempat tersebut agar Anda puas dengan latihan di tempat tersebut," tambah Carly. Jika tertarik untuk mengikuti kelas berkelompok di gym tersebut, cek juga jadwal yang sesuai waktu Anda.

4. Member lain
Sangat penting untuk menjaga kenyamanan Anda selama berolahraga. Pertimbangkan apakah Anda nyaman berlatih di dalam kelas yang sangat penuh, dan bercampur dengan anggota laki-laki. Kelas yang terlalu penuh kadang-kadang kurang baik, terutama untuk kelas latihan yang membutuhkan konsentrasi atau perhatian penuh dari instrukturnya. Anda tidak akan tahu apakah gerakan Anda sudah benar, jika instruktur terlalu sibuk menangani member lain kan?

5. Personal trainer
Jika Anda ingin serius berlatih dengan target untuk menurunkan berat badan atau memperbaiki kondisi fisik tertentu, coba gunakan jasa personal trainer. Biasanya mereka akan memberikan program latihan yang disesuaikan dengan kondisi tubuh Anda. "Jika Anda benar-benar menginginkan satu tujuan tertentu untuk perubahan tubuh Anda, maka personal trainer bisa jadi bahan pertimbangan," beber Carly.

6. Pembayaran
Sebaiknya periksa dulu model pembayaran latihan yang ditawarkan di tempat latihan. Pastikan fasilitas yang Anda dapatkan saat mulai berlatih sesuai dengan kesepakatan. Jika Anda terpaksa harus berhenti berlatih karena Anda hamil atau pindah tempat kerja, misalnya, pelajari bagaimana agar Anda dapat memperoleh refund. Saat melakukan renewal untuk keanggotaan Anda, jangan ragu menagih diskon atau bonus yang ditawarkan karena Anda sudah menjadi member lebih dari setahun. Pendek kata, perhatikan dengan benar setiap poin kontrak yang tercantum dalam surat perjanjian tersebut.


sumber : kompas.com

up2det 07 Jan, 2012


-
Source: http://www.terselubung.up2det.com/2012/01/pertimbangan-saat-memilih-gym.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.