Pages

ShareThis

Senin, 09 Januari 2012

Sultan Agung Nikahi Nyi Roro Kidul


Nusantara ini memang penuh dengan ke aneka ragaman budaya dan cerita. Mungkin Anda sering mendengar tentang kisah Nyi Roro Kidul, dan ini juga dapat menjadi tambahan ilmu pengetahuan kita dari kekayaan kebudayaan Nusantara.

Menurut legenda tanah Sunda, Nyai Roro Kidul adalah putri terkasih dari prabu Siliwangi yang bernama Lara Kadita. Karena ke-iri hatian selir-selir prabu Siliwangi akibat kecantikan Lara Kadita, mereka telah menenung sang putri sehingga menderita penyakit kulit yang berbau dan tidak ada obatnya.

Singkat cerita akibat terusir karena sakitnya ini, sang putri akhirnya bertapa di pantai Karang Hau dan mendapatkan wahyu untuk menerjunkan diri ke Laut Selatan agar menjadi pulih dan sakti.

Sang Penguasa Laut Selatan ini memiliki nama yang berlain-lain, ada yang menyebutnya sebagai Ratu Kidul (Kanjeng Ratu Kidul) Loro/rara Kidul, dll.
Sering diilustrasikan sebagai putri yang cantik jelita ada pula yang mengilustrasikannya sebagai Naga atau berbadan setengah ular (dalam wujud ini sering di sebut sebagai Nyai Blorong).

Kekuatannya dianggap sebagai penyeimbang kosmos (unsur laut) dan (khususnya) penyelengara kesejahteraan bagi masyarakat nelayan sehingga tidaklah mengherankan jika hingga saat ini kita masih dapat menemukan sisa-sisa "penghormatan" kepadanya.

Setelah berakhirnya masa Hindu di Nusantara, peran Sang Penguasa Laut Selatan bergeser bahkan sering diidentikan sebagai Raja atau Ratunya siluman laut selatan yang gemar mencederai bahkan meminta kurban jiwa juga haus sex.

Hingga akhirnya Sultan Agung kembali mengangkat mitos kekuatan supranatural laut selatan ini dengan secara simbolis menikahi sang ratu. Kemudian penghormatan kepada loro kidul kembali pada porsi semula setidaknya untuk masyarakat Jogja. (tia/ln)

sumber

up2det 10 Jan, 2012


-
Source: http://www.apakabardunia.up2det.com/2012/01/sultan-agung-nikahi-nyi-roro-kidul.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.