Pages

ShareThis

Selasa, 03 Januari 2012

Taliban akan Bangun Kantor di Qatar

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL - Gerilyawan Taliban yang memerangi pasukan Afghanistan dan asing dipimpin NATO pada Selasa mengumumkan, mereka telah sepakat untuk memiliki kantor di Qatar dan mengadakan dialog untuk merundingkan penyelesaian krisis Afghanistan.

"Kami siap untuk memiliki satu kantor politik luar negeri dan dalam hal ini kita telah mencapai pemahaman awal dengan Qatar, serta tempat-tempat terkait lainnya," kata kelompok itu dalam pernyataan yang dikirim ke media.

Dikatakan bahwa Emirat Islam Afghanistan (nama rezim Taliban yang digulingkan) juga menuntut pembebasan tahanan dari pusat tahanan Amerika Serikat di Guantanamo. Beberapa pemimpin kunci dan para komandan Taliban dikatakan telah ditahan di penjara Guantanamo itu.

Taliban dalam pernyataan juga menunjukkan bahwa Emarat Islam Afghanistan dan Amerika Serikat adalah dua pihak yang terlibat dalam isu Afghanistan selama 10 tahun terakhir.

Pemerintah Afghanistan yang didukung badan perdamaian - Dewan Tinggi untuk Perdamaian, menurut laporan media, telah mengusulkan pembebasan pemimpin penting Taliban termasuk Mullah Khairullah dan Mullah Fazal dari penjara Guantanamo sebagai tanda isyarat niat baik untuk mempercepat pembicaraan damai dengan Taliban.

Taliban telah berulang kali di masa lalu menolak tawaran pemerintah Afghanistan untuk mengadakan perundingan, dan mengatakan tidak akan ada dialog jika pasukan asing masih berada di negara itu.
http://www.republika.co.id/berita/in...antor-di-qatar

Kantor politik luar negeri akan memungkinkan Taliban utk menjalankan strategi diplomasi
Tapi sepertinya AS & NATO (selama masih menjajah Afghan) masih belum dikasih kesempatan utk berdiplomasi dgn Taliban

Quote:

Taliban Bantah Lakukan Perundingan Rahasia dengan AS

REPUBLIKA.CO.ID, PESHAWAR - Seorang komandan senior Taliban Afghanistan hari Senin membantah kelompok itu melakukan perundingan rahasia dengan AS yang telah mencapai sebuah titik peralihan.

"Bagaimana mungkin perundingan berlangsung pada tahapan kritis, sementara pembicaraan bahkan belum dimulai," kata komandan itu kepada Reuters melalui telefon.

Tanggapan itu sebagai respon pernyataan sejumlah pejabat AS bahwa perundingan dengan Taliban telah berlangsung selama 10 bulan terakhir dan kini mencapai titik peralihan.
http://www.republika.co.id/berita/in...asia-dengan-as

LastProletarian 04 Jan, 2012

Mr. X 04 Jan, 2012
-
Source: http://ideguenews.blogspot.com/2012/01/taliban-akan-bangun-kantor-di-qatar.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.