Pages

ShareThis

Minggu, 01 Januari 2012

Wajibkan PNS TOEFL 600, Gita Yakin Tak Kehilangan Pegawai

Jakarta - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan merespons cibiran yang ditujukan kepadanya, terkait rencananya mewajibkan PNS-nya ber-TOEFL minimal 600. Gita berkeyakinan meski ketentuan itu diberlakukan, ia tak akan kehilangan banyak pegawai. Kenapa?

Menurutnya rencana itu akan dilakukan secara bertahap dengan target terukur. Nantinya untuk mencapai target itu, akan ada semacam diklat bagi PNS-nya untuk mengejar TOEFL minimal 600.

"Point-nya adalah kita punya target, dan kita berikan pendidikan dan latihan untuk mencapai target tersebut. Yang pasti mendag (menteri perdagangan) tidak akan pernah kehilangan pegawai," tegas Gita kepada detikFinance, Senin (2/1/2012)

Keyakinan Gita ini nampaknya bukan tanpa alasan. Berdasarkan pengalamannya di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) kini sudah membuahkan hasil, melalui cara pendidikan dan pelatihan banyak pegawai BKPM yang sudah menembus skor TOEFL 600.

"Di BKPM, dari 580 karyawan, sudah ada 258 karyawan yang sudah meraih skor TOEFL 600. Karena kita berikan diklat secara intensif," katanya.

Sementara itu, Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi membeberkan alasan dibalik kewajiban PNS kementerian perdagangan harus menembus skor TOEFL 600. Melalui akun Twitter-nya ia mengatakan penguasaan bahasa Inggris yang baik, bukan satu-satunya syarat, tetapi salah satu syarat penting keberhasilan diplomasi dagang Indonesia di kancah internasional.

"Bahasa bukannya syarat dan alat diplomasi ?," tanya Bayu.

Pengamat Kebijakan Publik Universitas Indonesia (UI) Andrinof Chaniago mengatakan skor TOEFL sebesar 600 itu untuk standar PNS sangat tinggi sekali. Menurutnya standar TOEFL 600 biasanya standar untuk seorang doktor atau S3.

"Kalau diterapkan bagi pegawainya, yang datang dari daerah bahkan desa, ya mana ada yang sanggup tembus standar untuk seorang doktor bergelar S3, bisa jadi Gita Wirjawan tidak punya pegawai," ujarnya.

Tahun 2012, Gita berencana akan meningkatkan jumlah pegawai yang menguasai bahasa asing, terutama Bahasa Inggris, melalui pencapaian skor TOEFL di atas 600. Tahap awal akan diberlakukan untuk 1.000 pegawai termasuk pejabat teras atas.

http://finance.detik.com/read/2012/0...991101mainnews

:ngakak waduh pakades camat semuanya sekarang canggih TOEFL 600 aje gile

charzaku2f 02 Jan, 2012

Mr. X 02 Jan, 2012
-
Source: http://ideguenews.blogspot.com/2012/01/wajibkan-pns-toefl-600-gita-yakin-tak.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.