Pages

ShareThis

Selasa, 27 Maret 2012

"Gantibaju" Buka "Lemari Ilmu" ke Mahasiswa


BinusCEO GantiBaju.com Aria Rajasa memberikan ilmu dan pengalaman kepada mahasiswa Binus Universty Jakarta saat Roadshow Nirmana Award

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mendukung perkembangan desainer tanah air, GantiBaju.com membagikan ilmu kepada mahasiswa Universitas Bina Nusantara (Binus) Jakarta. Apa saja ilmunya?

CEO GantiBaju.com Aria Rajasa menjelaskan seorang desainer harus memiliki ciri khas tersendiri agar bisa dikenal khalayak umum. Sebagai masyarakat Indonesia, desainer dituntut untuk bisa membuat desain yang lebih mencirikan khas Indonesia.

“Ada pentingnya di mana seorang desainer bisa kembali membangun daerah atau negara kita meskipun sudah sukses di tempat lain”, ujar Aria.

Ketika mendirikan GantiBaju.com, Aria sudah mengerti bahwa desain baju yang akan dibuatnya nanti akan lebih mencirikan khas nilai-nilai Indonesia.

Dalam hal ini, Aria menganggap bahwa ada semacam rasa tanggung jawab sosial yang penting untuk dimiliki oleh seorang desainer.

Selain membangun daerah, tanggungjawab sosial yang bisa dilakukan oleh seorang desainer, kata Aria, adalah membuat desain yang dapat bermakna bagi banyak orang.

Ketua Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI) Jakarta Bima Shaw menambahkan sebuah desain harus memiliki pesan dan harus dapat berkomunikasi dengan baik. Sehingga desain tersebut akan memiliki nilai yang tinggi bagi masyarakat yang memakainya.

Bima mencontohkan seperti desain yang mengangkat unsur kuat karakter Indonesia dapat menjadikan nilai bagi masyarakat.

“Seorang desainer diharuskan tak malu dan ragu mengangkat unsur Indonesia. Tunjukan pada dunia kalau Indonesia itu keren melalui media desain”, jelasnya.

Berbagi pengalaman ini dilakukan oleh GantiBaju.com kepada 72 mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Bina Nusantara (Binus) pada 8 Maret 2012 lalu. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka roadshow Nirmana Award.

Nirmana Award merupakan ajang apresiasi desainer muda. Acara ini mengajak para desainer muda untuk berani menunjukkan karyanya melalui kompetisi desain.

Kompetisi desain dibuka hingga tanggal 29 April 2012. Selain kompetisi desain, Nirmana Award juga menggelar roadshow sepanjang Februari hingga Maret di kampus-kampus, talkhsow, creative gathering, job fair, pameran karya, dan acara puncak Malam Anugerah pada tanggal 26 Mei 2012 di Jakarta.

Selengkapnya mengenai syarat dan ketentuan peserta dan rangkaian acara Nirmana Award dapat diperoleh di http://nirmanaaward.com. Selain itu ikuti juga informasi-informasi lainnya melalui akun Facebook Nirmana Award dan akun twitter @nirmanaaward.

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.