Pages

ShareThis

Senin, 26 Maret 2012

Menyusuri Hutan Amazon dengan Google Street View



KOMPAS.com - Ingin menyusuri sungai Amazon yang tersohor? Atau berjalan di tengah hutan hujan Amazon? Layanan baru Google akan memberi gambarannya.

Bertepatan pada hari Hutan Sedunia, Rabu (22 Maret 2012), Google menambah layanan internet Street View Amazon. Ya, layanan ini akan membawa penggunanya ke hutan hujan dan sungai Amazon. Silakan klik tautan ini untuk melihat Street View Amazon.

Street View ini mencakup 30 mil daratan dan sungai Rio Negro, Brazil. Google menampilkan panorama sungai, hutan, dan desa-desa di daerah dekat Manaus, sebuah kota terpadat di Amazon. Semua gambar itu merupakan hasil dari 50 ribu gambar diam yang digabung-gabungkan.

Ini merupakan proyek kerjasama antara Google dengan Yayasan Amazon Lestari, yang digarap dalam waktu hampir 9 bulan.

Untuk mendapatkan gambar-gambar di jalan atau desa, Google menggunakan sepeda roda tiga khusus yang dilengkapi sistem kamera atau yang biasa disebut Google Trike. Ketika mengambil gambar sungai Amazon, mau tak mau Trike harus dinaikkan ke perahu motor.

Namun, Trike tidak memungkinkan untuk dibawa ke hutan hujan. Jadi, gambar hutan hujan diambil dari kamera yang ditopang oleh tripod.

Penasaran dengan cara pembuatan Street View hutan hujan Amazon? Simak video berikut ini:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.