Pages

ShareThis

Selasa, 17 April 2012

Nokia Bangun Pabrik di Vietnam


AFP PHOTO FILES/LEHTIKUVA / Markku UlanderCEO Nokia Stephen Elop.

KOMPAS.com - Nokia sedang menunggu izin akhir untuk mulai membangun pabrik manufaktur pertama di Vietnam. Bila izin tersebut didapat, Nokia akan menggelar sebuah upacara pada 23 April 2012 untuk peresmian pembangunan pabrik manufaktur di Vietnam.

Perusahaan asal Finlandia ini menerima Sertifikat Investasi pada 15 November 2011, dan telah dibentuk Nokia Vietnam Limited Liability (Perseroan Terbatas-PT). Harapannya, pabrik tersebut bisa beroperasi pada awal 2013.

Fasilitas di pabrik tersebut disebut-sebut bernilai sampai 300 juta dollar AD, dan akan berlokasi di Vietnam-Singapore Industrial Park (VSIP) di Bac Ninh, sebuah propinsi di bagian utara Vietnam. VSIP merupakan sebuah kawasan industri, di mana Samsung juga membangun pabrik di sana untuk produk smartphone.

Nokia optimis, ponsel low-end yang dibuat di Vietnam bisa tercipta dalam waktu dekat, dan mulai diekspor ke seluruh dunia tahun depan. Di pabrik ini, Nokia akan mempekerjakan sekitar 10.000 tenaga kerja sampai akhir 2014, dimana diharapkan dapat memproduksi 45 juta ponsel tiap kuartalnya.

Nokia mengambil langkah membangun pabrik di Vietnam setelah perusahaan itu melakukan restrukturisasi organisasi. Untuk lebih memangkas pengeluaran, mereka juga memindahkan markas Nokia Asia Pasifik dari Singapura ke China.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.