Pages

ShareThis

Rabu, 04 April 2012

Pelatihan Komputer Gratis untuk Pelajar Kurang Mampu

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, hampir semua pekerjaan menuntut kemampuan mengoperasikan komputer. Namun, untuk mempelajari keterampilan ini, membutuhkan biaya.

Remaja-remaja dari keluarga kurang mampu, akan kesulitan untuk menguasai keterampilan ini tanpa biaya yang cukup.

Inilah yang melatar belakangi yayasan HOPE Worldwide Indonesia untuk membangun Computer Training Center (CTC). Pusat pelatihan ini memberikan pelatihan komputer dasar secara gratis bagi kalangan pelajar kurang mampu.

CTC pertama yang mulai dibangun tahun 1998 di Jakarta, kini telah memiliki 17 CTC yang tersebar di belasan kota di Indonesia. Sejak 1998 hingga akhir 2011, CTC telah meluluskan 2.830 siswa dari 3000 siswa yang terdaftar di seluruh Indonesia.

Setelah mendapat donasi dari SAP Indonesia, yayasan HOPE berniat meluluskan 1000 hingga 1500 siswa lagi sepanjang tahun 2012.

"Inilah kabar baik bagi para remaja, bahwa mereka ada harapan. Apalagi dengan dukungan SAP Indonesia saat ini, kami dapat meluluskan lebih banyak siswa sepanjang tahun ini," ungkap Slamet Simamora, Program Manager CTC HOPE Worldwide Indonesia, dalam jumpa pers di CTC Plumpang, Jakarta Utara, Selasa (3/4/2012).

Testimoni dari para siswa
Sanita (17) salah satu siswa CTC Plumpang, mengakui bahwa pelatihan CTC sangat berguna bagi kehidupannya. Gadis yang memiliki orang tua sebagai tukang cuci ini, mengandalkan beasiswa untuk bisa mengambil jurusan Sekretaris di SMK Gunung Jati, Jakarta Utara.

Dengan tambahan pelatihan komputer dasar gratis dari CTC, Sanita berharap bisa mewujudkan cita-citanya menjadi pengusaha aksesori yang sukses.

Sedangkan Habli Abdul Roffie (21), awalnya adalah seorang karyawan katering. Habli selalu tidak percaya diri setiap kali ditawari pekerjaan kantoran karena tidak memiliki kemampuan dasar komputer. Setelah lulus dari pelatihan komputer di CTC, Habli kini bekerja di PT. Outsourcing Pertamina sebagai supervisor.

"Sekarang saya mengurusi tagihan, uang lembur karyawan, juga mengawasi alat perlindungan karyawan. Semuanya menggunakan komputer. Pelatihan CTC sangat berguna bagi kehidupan saya," ungkap Habli.

Seperti diberitakan sebelumnya, SAP Indonesia, perusahaan perangkat lunak untuk kalangan korporasi, memberikan donasi sebesar 200 ribu dollar AS untuk yayasan HOPE Worldwide Indonesia. Dana ini akan digunakan untuk kegiatan operasional CTC di 10 kota di seluruh Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.