Pages

ShareThis

Senin, 28 Mei 2012

Apple Siapkan Pena Digital "iPen"


Paten pena digital dari Apple

KOMPAS.com - Apple telah mematenkan teknologi untuk pena stylus di Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat, Kamis (24/5/2012). Kemungkinan besar, stylus cerdas besutan Apple itu akan diberi nama iPen.

Tak seperti stylus pada umumnya, stylus hasil karya Apple bisa disebut cerdas karena dapat memberi umpan balik (feed back). Stylus dapat merasakan getaran, seberapa besar tekanan yang dilakukan pengguna ketika menggambar. Ketika tekanan stylus agak kuat, maka ia dapat menggambar garis yang lebih tebal.

Stylus juga dapat memberi umpan balik seperti getaran, ketika pengguna menggambar di luar atau hampir melewati garis batas.

Uniknya, pena digital ini juga dapat mengeluarkan suara untuk menstimulasi tindakan si pengguna. Stylus akan mengeluarkan suara pensil yang sedang menggambar di selembar kertas, atau kuas yang sedang melukis di atas kanvas.

Dalam berkas patennya, Apple juga menjanjikan stylus dapat digunakan di udara, tanpa harus kontak langsung dengan layar.

Semua fungsi itu bisa dilakukan karena Apple memanfaatkan teknologi accelerometers, giroskop, serta kamera yang ditanamkan pada stylus tersebut.

Saat ini, ada beberapa stylus untuk iPad yang dibuat oleh pihak ketiga. Namun, tidak ada satupun stylus yang memiliki fungsi sama seperti yang dipatenkan oleh Apple.

Paten stylus ini menandai perubahan strategi Apple dalam bisnis perangkat mobile. Karena, mendiang Steve Jobs sempat mengejek stylus yang pada 2007 silam banyak digunakan sebagai aksesori. "Siapa yang ingin stylus? Anda harus mendapatkannya, menyimpannya, dan menghilangkannya," keluh Jobs.

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.