Pages

ShareThis

Selasa, 22 Mei 2012

Electronic Arts Dituntut Mantan Pebasket

KOMPAS.com - Electronic Arts (EA) gagal membatalkan tuntutan mantan pebasket anggota National Collegiate Athletic Association (NCAA) dan harus bersiap menghadapinya di pengadilan.

Tuntutan tersebut berisi penggunaan kemiripan fisik anggota liga basket mahasiswa NCAA dalam game EA tanpa pembayaran kompensasi.

Sebagai perusahaan game besar, EA memiliki cukup banyak game bertema olahraga. Salah satunya adalah game olahraga basket bertema atlet kampus yang tergabung dalam NCAA.

Tuntutan atas EA tersebut sebenarnya telah lama diajukan, yaitu pada 2009. Menurut bekas anggota NCAA tersebut, mereka dipaksa untuk menandatangani ”formulir 08-3a” bila ingin terus bermain di lapangan kampus.

Formulir tersebut ternyata memberikan NCAA hak untuk mendapatkan keuntungan dari penggunaan kemiripan fisik anggotanya dalam media apapun tanpa membayar kompensasi.

Menurut mereka, EA bekerjasama dengan NCAA dan Collegiate Licensing Company mengambil keuntungan dari formulir tersebut dan membuat game yang dijual secara global.

Kasus serupa juga pernah dialami EA. Pada Mei tahun lalu, EA berhasil menggagalkan tuntutan terhadap perusahaannya. Pada tuntutan tersebut, EA diklaim berkonspirasi untuk tidak membayar kompensasi atas kemiripan atlet di dalam gamenya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.