Pages

ShareThis

Sabtu, 12 Mei 2012

Hewlett Packard Perluas Ujicoba Layanan "Cloud"


Heitor Jose/sxc.hu

KOMPAS.com - Hewlett Packard (HP) sedang mempersiapkan untuk masuk ke pasar IaaS (Infrastructure-as-a-Service). Beberapa layanan cloud pun telah diujicoba.

Dalam program uji coba lanjutan, HP kini menawarkan produk HP Cloud Compute, HP Cloud Object Storage, dan layanan HP Cloud Content Delivery Network untuk dicoba perusahaan klien HP.

Perluasan uji coba ini melanjutkan uji coba pertama yang digelar sejak September 2011.

HP akan memasarkan layanan-layanan "bayar per jam" ini untuk organisasi yang ingin menjalankan layanan web dalam skala besar dari cloud.

HP Cloud Compute menawarkan virtual server. HP Cloud Object Storage menawarkan object-based storage. HP Cloud Content Delivery Network menyediakan caching untuk mempercepat distribusi layanan.

Untuk melengkapi layanan cloud ini, HP telah mengumpulkan 40 mitra yang saling melengkapi.

Misalnya, EnterpriseDB menyediakan versi database Open Source Postgres. CloudBees membangun platform untuk menjalankan aplikasi Java.

Kemudian, Engine Yard membangun platform yang sama untuk Ruby on Rails dan PHP. Spirent menyediakan development tools. RightScale, Scale Xtreme dan Smartscale Systems menyediakan management tools.

HP juga nantinya akan menawarkan jasa untuk block-based storage serta hosting data pada MySQL. Namun saat ini keduanya masih uji coba terbatas.

HP belum memberikan pernyataan kapan layanan cloud ini akan dikomersialisasikan untuk publik. Namun pastinya waktunya sudah semakin dekat seiring pengujian yang makin luas.

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.