Pages

ShareThis

Rabu, 16 Mei 2012

Jepang, Saudi, dan Iran Masih Kuasai Liga Champions Asia


Adelaide UnitedPenyerang Adelaide United Sergio van Dijk mencetak gol ke gawang Gamba Osaka.

ADELAIDE, KOMPAS.com -- Kekuatan tradisional sepakbola Asia, seperti Jepang, Saudi Arabia, dan Iran masih menguasai laga Liga Champions Asia yang baru saja menyelesaikan pertandingan di grup, Rabu (16/5/2012) malam. Jepang, Saudi Arabia dan Iran sama-sama menempatkan tiga klub di babak 16 besar.

Jepang diwakili oleh Nagoya Grampus, Kashiwa Reysol, dan FC Tokyo, sementara Saudi menempatkan Al Ahli, Al Hilal dan Al Ittihad, sedangkan dari Iran yang lolos adalah Foolad Sepahan, Esteghlal, dan Piroozi Athletic. Namun Foolad Sepahan dan Esteghlal sudah akan saling berhadapan di babak 16 besar.

Kekuatan Asia lainnya, seperti Korea Selatan dan Uni Emirat Arab meloloskan masing-masing dua klub. Korsel diwakili oleh Ulshan Hyundai dan Seongnam Ilhwan Chunma, sementara Uni Emirat Arab menempatkan Al Jazira dan Baniyas.

Klub lain yang maju ke 16 besar ini adalah Bunyodkor dari Uzbekistan, Guangzhou Evergrande dari China dan Adelaide United dari Australia.

Menurut laporan koresponden Kompas di Australia, L Sastra Wijaya, Adelaide United mencapai keinginan mereka untuk bisa bertanding di kandang sendiri pada babak 16 besar setelah menjadi juara grup E. Di stadion Hindmarsh, 29 Mei 2012, Adelaide akan menjamu Nagoya Grampus. Menurut perkiraan, penonton akan memenuhi stadion karena Nagoya akan menurunkan salah satu pemain timnas Australia, Jos Kennedy.

Keberhasilan Adelaide United maju ke 16 besar ini merupakan kali ketiga dari empat musim yang mereka ikuti di Liga Champions Asia dan kapten Adelaide, Eugene Galekovic yakin bahwa mereka bisa juga menembus final seperti yang terjadi di tahun 2008.

"Babak 16 harus dilihat sebagai titik awal baru, dan mudah-mudahan kami kemudian bisa melangkah ke perempat final, semifinal dan final seperti tahun 2008." kata Galekovic dalam situs klub tersebut.

"Mungkin beberapa orang berpikir ini mustahil karena kami menempati posisi terbawah di Liga Australia. Tetapi sebelumnya juga sama, sehingga kami yakin kami akan mampu melakukannya," tambah Galekovic, yang juga tampil di final tahun 2008 ketika mereka kalah dari klub Jepang Gamba Osaka.

Berikut jadwal lengkap 16 besar Liga Champions Asia:

22 Mei: Al Jazira (UAE)-Al Ahli (KSA), Foolad Sepahan (IRN)-Esteghlal (IRN).

23 Mei: Al Ittihad (KSA)-Piroozi Athletic (IRN), Al Hilal (KSA)-Baniyas (UAE).

29 Mei: Adelaide United (AUS)-Nagoya Grampus (JPN), Seongham Ilhwa Chunwa (KOR)-Bunyodkor (UZB).

30 Mei: Ulsan Hyundai (KOR)-Kashiwa Reysol (JPN), Guangzhou Evergrande (CHN)-FC Tokyo (JPN).

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.