Pages

ShareThis

Sabtu, 05 Mei 2012

Norton Mobile Security Siap Jaga Perangkat Android

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan keamanan teknologi informasi Symantec sejak lama meluncurkan aplikasi keamanan Norton Mobile Security. Aplikasi ini dibuat untuk mengantisipasi pencurian data dan informasi pengguna smartphone dan tablet.

Masalah keamanan di kedua perangkat ini tidak bisa diabaikan begitu saja karena jumlah program jahat (malware) yang ditujukan untuk sistem operasi mobile terus bertambah jumlahnya. Hal ini dipicu oleh penetrasi pengguna perangkat mobile yang terus meningkat.

Menurut Effendy Ibrahim, Director for Consumer Business Symantec Asia, setidaknya ada 300 program jahat yang mengincar sistem operasi mobile macam Android, iOS, Windows Phone, dan BlackBerry.

Program jahat itu didominasi oleh jenis trojan horse yang bisa mencuri data dan informasi penggunanya.

Ia melanjutkan, dari 33 juta pengguna smartphone dan tablet di dunia ada 10% pengguna yang telah terinfeksi program jahat. Dan pengguna yang memproteksi perangkat mobile-nya dengan aplikasi keamanan hanya 12%.

Trojan horse
di Android adalah yang terbanyak dibandingkan dengan sistem operasi mobile lainnya. "Hal ini disebabkan karena Android bersifat open source," ujar Effendy dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (4/5/2012).

Pihak Symantec mengklaim, Norton Mobile Security dapat memproteksi upaya pencurian data dari trojan horse yang ada di Android. Ada fitur keamanan anti pencurian di situs web. Ketika pengguna masuk ke situs palsu, maka aplikasi mmblokirnya secara otomatis.

Norton Mobile Security mampu mendeteksi dan menghapus malware di media penyimpanan dengan pengecekan yang dilakukan secara rutin.

Salah satu fitur yang diunggulkan dari Norton Mobile Security, menurut Effendy, aplikasi ini dapat mengunci perangkat atau menghapus semua data ketika pengguna kehilangan perangkat mereka.

Untuk membantu mencari perangkat yang hilang, aplikasi ini mampu mengirimkan koordinat GPS yang memberi tahu lokasi di mana perangkat itu berada.

"Semua itu bisa dilakukan dengan cara masuk ke situs web Symantec dan log-in dengan email yang didaftarkan dalam Norton Mobile Security," kata Effendy. Pengguna dapat mengikuti petunjuk di situs web Symantec.

Satu lisensi Norton Mobile Security dibanderol dengan harga Rp 150.000. Harga ini termasuk layanan selama setahun dan update proteksi.

Saat ini,  Norton Mobile Security baru tersedia untuk Android, namun sedang dikembangkan untuk iPhone dan iPad.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.