Pages

ShareThis

Jumat, 04 Mei 2012

RCTI Apresiasi Tokoh Muda

JAKARTA – Setelah sukses menggelar Seputar Indonesia Awards 2011, redaksi Seputar Indonesia RCTI kembali memberikan apresiasi kepada para tokoh berita yang telah memberikan dampak dan pengaruh bagi masyarakat.  
Pada penyelenggaraan tahun ini yang dijadwalkan digelar Rabu (9/5) pukul 15.00 WIB live on tape di Studio 8 RCTI dan on air pada hari yang sama pukul 21.00 WIB, dewan juri telah memilih 10 kategori nominasi dengan mengangkat tema Kebangkitan Anak Muda. Sedikit berbeda dengan sebelumnya, sejumlah perubahan dilakukan seperti mengganti nama ajang apresiasi ini menjadi Anugerah Seputar Indonesia (ASI) 2012.
 
Selain itu, jumlah kategori nominasi lebih banyak dua kategori. Susunan dewan juri dan pengemasan acara juga menjadi lebih baik sehingga ASI 2012 menjadi ajang apresiasi para tokoh berita yang paling menarik perhatian. Salah satu anggota dewan juri yang juga Pemimpin Redaksi RCTI Arief Suditomo menjelaskan, beberapa perubahan dalam kategorisasi disesuaikan dengan kondisi di masyarakat.
 
“Saat ini peran kreatif dan inovasi generasi muda perlu mendapat porsi apresiasi dari Anugerah Seputar Indonesia 2012 yang tentunya masyarakat bisa memetik pelajaran berharga dari mereka,” ujar Arief pada konferensi pers Anugerah Seputar Indonesia 2012 di Jakarta, Jumat (4/5/2012) kemarin.
 
Di antara kategori nominasi baruadalah TokohIndustriKreatif. Menurut Arief, ini sengaja dimunculkan karena Indonesia memiliki banyak talenta di bidang industri kreatif dengan ide-ide yang sangat kaya.Dari 10 kategori,hanya nominasi Tokoh Pengabdian yang tidak disebutkan nominenya.“Ini akan menjadi kejutan. Yang jelas, dari orang ini kita bisa titipkan persoalan bangsa di pundaknya,” tambah dia.
 
Direktur Paramadina Graduate School of Diplomacy Dinna Wisnu yang juga anggota dewan juri mengatakan, bangsa Indonesia terlalu besar untuk diperhatikan pada aspek persoalannya saja. “Sisi-sisi positifnya juga harus di-tonjolkan dan kali ini penekanannya pada orang muda berprestasi. Mereka masih punya banyak waktu yang kita harapkan bisa lebih banyak berperan lagi,”terangnya.
 
Anggota dewan juri lainnya yang juga Wakil Pemimpin Redaksi RCTI Putra Nababan menyampaikan, ajang ini untuk memberikan kepercayaan kepada masyarakat terhadap perbaikan bangsa ke depan. “Masih ada anak muda yang berkarya luar biasa, bahkan mampu menembus persaingan dunia,” kata Putra.
 
Kelima dewan juri––dua lainnya adalah Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Ezky Suyanto dan anggota Dewan Pers Agus Sudibyo–– memilih 10 kategori nominasi, yakni Tokoh Muda dalam Berita, Tokoh Transformasi Sosial, Bintang Arena, Pejuang Publik,dan Tokoh Pengabdian; kemudian Tokoh Inovasi,Tokoh Wirausaha, Tokoh Tahun Ini, serta Tokoh Industri Kreatif.
Satu kategori lainnya adalah Tokoh Kontroversial. Untuk kategori ini, publik bisa ikut berperan menentukan siapa pemenangnya lewat pesan singkat (SMS) dengan mengetik SI (spasi) kode kategori,lalu kirim ke 9388. Polling SMS dibuka pada 4–8 Mei 2012 pukul 24.00 WIB.Adapun nominenya adalah Anas Urbaningrum (kode kategori: 6a), Dahlan Iskan (6b), Denny Indrayana (6c), Marzuki Alie (6d), dan Wa Ode Nurhayati (6e).
 
Penyelenggaraan ajang ini akan meriah dengan dipandu Raffi Ahmad, Gustav Aulia, Ajeng Kamaratih, dan Dude Herlino serta menampilkan beberapa artis seperti Vierra, Geisha, Cherrybelle, Angel Pieters,dan Ayu Ting Ting.

(Fefy Dwi Haryanto (Koran Sindo)/Koran SI/Munir)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.