Pages

ShareThis

Sabtu, 19 Mei 2012

Sukses Berlayar AS-RI, Kini Rama Keliling Indonesia Timur

DENPASAR - Sukses berlayar seorang diri dari Amerika Serikat ke Indonesia, kali ini Rob Rama Rambani melanjutkan petualangan dengan mengarungi perairan Indonesia timur.
 
Rama bertolak dari Marina Pelabuhan Benoa, Denpasar, bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional. Namun karena angin kencang, sampai pukul 10.00 Wita siang ini, Rama belum memulai perjalanan.

“Anginnya kencang sekali sejak kemarin, belum bisa berangkat pagi ini. Mudah-mudahan nanti cuacanya mendukung, sehingga saya bisa mulai pelayaran,” kata Rama, di Denpasar, Minggu (20/5/2012).

Dia menargetkan dapat menyelesaikan misi bertajuk Kembara Bahari Lintasan Timur Jangkar Leluhur itu dalam lima bulan.

Dalam pelayaran, yang konon menelan dana hingga Rp5 miliar itu, Rama menggunakan sloop, kapal layar dengan satu tiang produksi 1966. Start akan dilakukan di Bali Marina Benoa, Bali, menuju laut dalam Flores, Banda, dan Maluku.

Pelayaran ini bermaksud memompa semangat Rama terhadap kecintaannya pada laut.

Menurutnya, Indonesia merupakan negara kepulauan, bahkan masuk tiga besar di dunia. Dia mengaku ingin mengenali perairan Indonesia lebih dalam.

“Saya berharap ini dapat mendorong semangat Kebangkitan Nasional, bahari kita ikut bangkit,” paparnya.

Rama akan singgah di 28 titik untuk mengenali dan memahami kebudayaan bangsa, khususnya masyarakat pesisir.

Rencananya, dia akan membuat buku tentang budaya pesisir Indonesia timur setelah misinya rampung.

Pengembaraan Rama menjinakkan ganasnya ombak samudera merupakan kali kedua. Pada 2011, dia mengukir prestasi sebagai orang Indonesia pertama yang berlayar seorang diri dari Oakland, California, Amerika Serikat, hingga tiba di Pelabuhan Benoa.

Dia menempuh jarak lebih dari 10 ribu mil laut dalam waktu 10 bulan 27 hari.

(ton)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.