Pages

ShareThis

Selasa, 22 Mei 2012

Zynga "Terjun Bebas" Akibat Ulah Facebook


ZYNGA

KOMPAS.com - Penjualan hari pertama saham Facebook memang menjadi rebutan investor saham. Namun, tidak demikian dengan Zynga sebagai perusahaan game social media di Facebook (CityVille dan FarmVille). Nilai sahamnya menghujam drastis akibat keberhasilan Facebook.

Hingga penutupan penjualan saham pada Jum’at minggu lalu, nilai saham Zynga jatuh hingga 13,3 persen dari nilai pembukaan saham. Harga yang ditawarkan Zynga pada akhir hari itu menjadi 7,17 dollar AS per sahamnya.

Bahkan, harga tersebut sempat menyentuh 6,40 dollar AS per sahamnya. Nilai terendah yang pernah dialami Zynga dalam pasar saham.

Masalah Zynga tersebut dimulai ketika Facebook mulai menjual sahamnya. Saham Facebook telah terjual sebanyak 320 juta saham pada pukul 1:40 siang. Akibatnya, sistem penjualan elektronik Nasdaq mengalami masalah teknis dan penjualan dihentikan. Sistem tersebut baru kembali beroperasi pada pukul 2:01 siang.

Pada saat bersamaan, nilai saham Zynga mengalami penurunan yang signifikan. Menurut pengamatan analis pasar Colin Sebastian dari Robert W. Baird, investor mulai menjual saham Zynga untuk membeli Facebook. Nilai saham Zynga anjlok sebesar 10 persen dalam kurun waktu 5 menit.

Perusahaan media sosial lain yang terkena dampak penjualan saham hari pertama Facebook adalah LinkedIn (turun 6 persen), Groupon (turun 7 persen), Yelp (turun 3 persen), dan Renren Inc dari negara China (turun 21 persen).

Sebagai perbandingan, Zynga memulai penjualan hari pertama sahamnya (IPO) dengan nilai 1 miliar dollar AS. Sedangkan Facebook membuka penjualan IPO pada Jum’at lalu dengan saham bernilai total 16 miliar dollar AS.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.