Pages

ShareThis

Rabu, 06 Juni 2012

"Lewat Djam Malam" Segera Masuk Gedung...

JAKARTA, KOMPAS.com -- Setelah melalui proses restorasi selama satu setengah tahun di Italia, film Lewat Djam Malam karya sineas Usmar Ismail (1954) akhirnya bisa dinikmati publik di negeri sendiri. Mulai 21 Juni mendatang film tersebut akan diputar di jaringan bioskop 21 Cineplex dan Blitzmegaplex di beberapa kota di Indonesia.

Pemutaran film Lewat Djam Malam merupakan upaya para pencinta film untuk menarik minat publik terhadap pelestarian artefak film yang tersimpan di Pusat Informasi dan Dokumentasi Film Indonesia.

Alex Sihar dari Komite Film Dewan Kesenian Jakarta yang juga Ketua Yayasan Konfiden, Senin (4/6), mengatakan, restorasi film Lewat Djam Malam diharapkan bisa membuka mata banyak pihak tentang pentingnya arsip film bagi sejarah bangsa.

Restorasi film Lewat Djam Malam dibiayai National Museum of Singapore dan World Cinema Foundation yang didirikan sineas dunia Martin Scorsese. Sebelum diputar di Indonesia, film Lewat Djam Malam sudah lebih dulu diputar di Festival Film Cannes pada 17 Mei lalu. Film tersebut terpilih dalam kategori World Classic Cinema.

Kritikus film Totot Indarto mengatakan, restorasi film yang dilakukan pihak asing menunjukkan bahwa Indonesia teledor terhadap kearsipan film yang merekam jejak kebudayaan bangsa. (IND)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.