Pages

ShareThis

Senin, 04 Juni 2012

Foursquare Siapkan Versi Baru, Tak Lagi Fokus di "Check In"



KOMPAS.com - Foursquare, aplikasi berbasis lokasi yang sempat sangat populer, akan muncul dalam versi baru. Soal Check In tak lagi jadi fokus utama.

Seperti dikemukakan oleh TheVerge, tim Foursquare telah menuturkan lewat Twitter akan hadirnya versi terbaru aplikasi mereka. Hal ini dilakukan lewat hashtag #allnew4sq.

Beberapa hal pun sudah sempat dibocorkan, meski belum terang-terangan, oleh tim Foursquare. Salah satunya, perubahan pada tampilan peta yang akan menggunakan OpenStreetMap.

Namun yang lebih menarik adalah akan diterapkannya sistem rekomendasi yang lebih baik. Hal ini dianggap sebagai upaya Foursquare untuk tak terlalu fokus pada Check In.

Check In selama ini adalah kegiatan utama pada Foursquare. Pengguna akan saling berbagi lokasinya dan mengumumkannya pada teman-temannya di Foursquare.

Namun, menurut TechCrunch, Foursquare mengalami penurunan jumlah Check In di layanannya. Hal ini juga jadi perhatian pendiri Foursquare, Dennis Crowley.

"Orang menggunakannya, tapi tidak Check In. Saya bertanya-tanya: apakah ada yang salah? Ternyata, ini karena orang di Foursquare ... memanfaatkannya sebagai layanan rekomendasi. Mereka bahkan tak terpikir untuk Check In," tutur Crowley dalam sebuah wawancara dengan TechCrunch, Maret 2012.

Layanan rekomendasi berbasis lokasi itulah yang rupanya sedang dikembangkan terus oleh Foursquare. Dan, seperti pernah dikemukakan Crowley, bakal jadi ladang uang Foursquare ke depannya.

Tidak heran jika TheNextWeb memprediksi, Foursquare bakal menyaingi layanan rekomendasi seperti Yelp atau Zagat yang sangat populer di Amerika Serikat.

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.